Wednesday, September 20, 2017

laporan studi tour nilai-nilai sejarah candi prambanan



NILAI-NILAI SEJARAH CANDI PRAMBANAN DAN
MANFAATNYA BAGI PELAJAR


LAPORAN
OLEH
NINA WIDIASTUTI
NISN 9990869287






MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PRINGSEWU
KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN 2016

NILAI-NILAI SEJARAH CANDI PRAMBANAN DAN
MANFAATNYA BAGI PELAJAR



LAPORAN
Laporan ini disusun sebagai salah satu syarat mengikuti UAMBN dan UN Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu

OLEH
NINA WIDIASTUTI
NISN 9990869287



MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PRINGSEWU
KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN 2016

PERSETUJUAN

Judul Laporan         : Nilai-Nilai Sejarah Candi Prambanan Dan Manfaatnya
                               Bagi Pelajar
Nama Siswa            : Nina Widiastuti
NISN                     : 9990869287
Jurusan                  : Ilmu-Ilmu Sosial (IIS)

Laporan ini telah disetujui oleh pembimbing pada:
Hari / Tanggal :

Mengetahui

Pembimbing 1                                               Pembimbing 2


Khairuddin, S.Ag.M.Pd.I                                 Drs.Thobrani
NIP 197205082007101001                                      NIP 19670202199403107






PENGESAHAN

Tim Penguji
Ketua               : Yunizar,S.Pd.,M.M                    (                  )
                         NIP 197606232003121001
Seretaris           : Drs.H.Bunyana                         (                  )
                         NIP 196810122000031002
Penguji             : Titik Solekah, S.E                     (                  )
                         NIP 197906142009122001

Kepala MAN 1 Pringsewu


Drs.Nauval
NIP 196711211994031005


Laporan ini disahkan pada tanggal :                              2016






PERSEMBAHAN

Laporan ini penulis persembahkan kepada :
1.    Ayahanda Supmedi dan Ibunda Nurhayati tercinta yang selalu mendukung dan mengarahkan yang terbaik untukku.
2.    Kakak ku Rohma Nuraini tercinta.

















MOTTO

“Jadikan kepandaian sebahai kebahagiaan bersama, sehingga mampu meningkatkan rasa ikhlas dan bersukur atas kesuksesan”
(Mario Teguh)


















RIWAYAT HIDUP

Penulis lahir di Ganjaran, 10 November 1998, anak ke-2 dari 2 bersaudara, dari pasangan Ayahanda Supmedi dan Ibunda Nurhayati.


RIWAYAT PENDIDIKAN
NO
NAMA
TAHUN TAMAT
SEKOLAH
TEMPAT
1
SDN 1 Gumukrejo
Ganjaran
2011
2
SMP N 5 Pringsewu
Fajar Agung
2014
3
MAN 1 Pringsewu
Pringsewu
Masih ditempuh

                                                          Pringsewu,                   2016
                                                          Penulis


                                                          Nina Widiastuti
                                                          NISN 9990869287






KATA PENGANTAR


Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan yang berjudul “Nilai-Nilai Sejarah Candi Prambanan Dan Manfaatnya Bagi Pelajar”.

Laporan ini disusun sebagai salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional tahun pelajaran 2016/2017 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu. Bagi pelajar laporan ini sebagai bukti kegiatan yang telah dilakukan dan disampaikan kepada para pembaca agar memperoleh gambaran pengalaman yang sama seperti yang dialami penulis.

Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa dalam menyelesaikan laporan ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan berbagai pihak. Untuk itu, pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.    Drs.Nauval selaku kepala MAN 1 Pringsewu, yang telah memberikan kesempatan dan arahan selama pendidikan dan pembuatan laporan ini.
2.    Yunizar,S.Pd.,M.M selaku wakil kepala madrasah bidang kesiswaan.
3.    Drs.Thobrani selaku wali kelas sekaligus guru pembimbing dalam penulisan laporan ini yang dengan sabar memberikan bimbingan dan arahan sejak dari permulaan sampai dengan selesainya laporan ini.
4.    Khairuddin,S.Ag.M.Pd.I selaku pembimbing laporan ini yang dengan sabar memberikan bimbingan dan arahan sejak dari permulaan sampai dengan selesainya laporan ini.
Penulis menyadari atas segala keterbatasan dan kekurangan dari isi maupun tulisan laporan ini. Oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun sangat penulis harapkan. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang baik bagi semua pihak.

Pringsewu,             2016
Penulis


Nina Widiastuti
NISN 9990869287






















DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................ i
HALAMAN PERSETUJUAN............................................................. ii
HALAMAN PENGESAHAN.............................................................. iii
HALAMAN PERSEMBAHAN............................................................ iv
HALAMAN MOTTO....................................................................... v
RIWAYAT HIDUP......................................................................... vi
KATA PENGANTAR...................................................................... vii
DAFTAR ISI................................................................................ ix
DAFTAR GAMBAR........................................................................ x

BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah................................................... 1
B.     Rumusan Masalah........................................................... 2
1. Identifikasi Masalah.................................................... 2
2. Perumusan Permasalahan............................................ 2
C.     Tujuan Penelitian............................................................ 2
D.    Kegunaan Penelitian....................................................... 2
E.     Ruang Lingkup Penelitian................................................ 3

BAB II PEMBAHASAN
A.     Sejarah Berdirinya Candi Prambanan................................ 4
B.     Legenda Candi Prambanan.............................................. 6
C.     Manfaat Candi Prambanan Bagi Pelajar............................. 6

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
A.     Kesimpulan.................................................................... 9
B.     Saran............................................................................ 9

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR

Description: Image result for prambanan
Description: Image result for prambanan


Text Box: 1BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Bangsa Indonesia tidak hanya dikaruniai keindahan alam yang melimpah, tetapi memiliki bangunan bersejarah yang mengagumkan. Contohnya terdapat bangunan yang berupa candi. Salah satu candi yang ada di Indonesia adalah Candi Prambanan.

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar dan termegah di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi tepatnya tahun 778 tahun saka. Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini Candi Prambanan tidak hanya memiliki fungsi sarana ibadah agama Hindu. Namun, telah dijadikan objek wisata yang mampu menarik pengunjung, baik bagi wisata domestik maupun dari mancanegara.

Oleh sebab itu, untuk terus melestarikan Candi Prambanan, salah satunya dengan cara menghidupkan kembali semangat toleransi, kekeluargaan dan soldaritas.



B.      Rumusan Masalah :
1.   Identifikasi Masalah
Candi Prambanan merupakan sebuah situs bersejarah dan sebagai salah satu obyek wisata popular di Indonesia. Sebagai sebuah situs bersejarah, Candi Prambanan memiliki banyak daya tarik bagi para wisatawan yang datang mengunjunginya, lantas apa sajakah daya tarik tersebut?
2.   Perumusan Permasalahan
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam laporan ini adalah sebagai berikut:
1.       Bagaimana sejarah berdirinya Candi Prambanan ?
2.       Apa saja manfaat Candi Prambanan bagi pelajar ?

C.      Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian dalam laporan ini adalah sebagai berikut :
1.        Untuk mendeskripsikan sejarah berdirinya Candi Prambanan.
2.        Untuk mendeskripsikan manfaat Candi Prambanan bagi pelajar.

D.      Kegunaan Penelitian
Kegunaan dari penelitian Candi Prambanan yaitu:
1.    Dapat menambah pengetahuan mengenai sejarah Candi Prambanan
2.    Dapat menambah wawasan untuk para pelajar

E.      Ruang Lingkup Penelitian
Berdasarkan kegunaan penelitian di atas, maka ruang lingkup penelitian dalam laporan ini adalah Candi Prambanan yang berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Jawa Tengah.













Text Box: 4BAB II
PEMBAHASAN
A.        Sejarah Candi Prambanan
Prambanan berasal dari kata “para” dan “brahmana”. Para yang berarti banyak dan brahmana yang berarti orang suci Hindu. Jadi Prambanan dapat diartikan sebagai prasasti-prasasti orang suci Hindu.
Candi Prambanan adalah kelompok percandian Hindu yang dibangun oleh raja-raja dinasti Sanjaya pada abad XI tepatnya pada tahun 778 tahun saka. Ditemukannya nama pikatan pada candi ini menimbulkan pendapat bahwa Candi Prambanan dibangun oleh rakai pikatan yang kemudian diselesaikan oleh Rakai Balitung berdasarkan prasasti berangka pada tahun 856 m.
Letak candi prambanan berada diperbatasan di antara 2 provinsi yaitu Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah administrasinya berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Jawa Tengah.
Berdasarkan sejarah Candi Prambanan, diyakini Candi Prambanan merupakan candi yang digunakan untuk acara pemujaan. Diyakini juga di sekitar Candi Prambanan terdapat beberapa komplek

bangunan semacam kuil atau tempat tinggal para brahman pada masa kerajaan mataram Hindu dari dinasti Sanjaya.
Sejarah Candi Prambanan berakhir pada saat kerajaan Mataram bergeser dan dipindahkan ke Jawa Timur. Setelah ditinggalkan, Candi Prambanan secara perlahan mulai rusak dan mengalami kehancuran besar-besaran akibat gempa bumi pada abad ke IVI.
Setelah ratusan tahun ditinggalkan, Inggris tertarik ingin mengembalikan kejayaan candi ini. Conlin Malkenzle secara kebetulan menemukan reruntuhan Candi Prambanan dan ditugaskan untuk melakukan ekskavasi. Namun tidak berjalan mulus, dan reruntuhan masih terbengkalai.
Beberapa restorasi pernah dilakukan oleh pemerintah Belanda dan akhirnya restorasi secara besar-besaran pada tahun 1930 dan berakhir pada tahun 1953 yang diresmikan secara langsung oleh Ir.Soekarno. kemudian pada tahun 2006 candi ini mulai mengalami kerusakan berat akibat gempa bumi yang mengguncang wilayah Yogyakarya. Namun candi ini segera mendapatkan perbaikan yang menyeluruh.
Sampai sekarang Candi Prambanan masih sering digunakan untuk berbagai acara wisata. Candi Prambanan masih sering digunakan untuk berbagai acara keagamaan hingga berbagai acara wisata. Candi Prambanan juga digunakan sebagai sarana pembelajaran tentang sejarah dan kebudayaannya.
B.        Legenda Candi Prambanan
Ada sebuah cerita yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang Candi Prambanan. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai mencintai Roro Jonggrang. Karena Roro tidak mencintai Bandung, Roro meminta Bandung Untuk Membuat candi dengan 1000 arca dalam satu malam.
Permintaan itu hampir selesai, namun Roro Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar suasana seperti pagi. Para jin yang membantu Bandung pun pergi karena takut pada cahaya sedangkan jumlah arca hanya 999. Karena merasa dicurangi, Bandung Bondowoso Mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke-1000.

C.        Manfaat Sejarah Candi Prambanan Bagi Pelajar
Bagi dunia pendidikan, Candi Prambanan merupakan tempat kajian ilmu, khususnya ilmu sejarah. Pelajar dapat mengetahui sejarah masa lampau dan mempelajari kehidupan di masa lalu. Dengan mengetahui sejarah berdirinya maupun pada masa kejayaannya maka para pelajar akan sadar betapa besar peradaban bangsa kita dimasa lalu. Candi Prambanan adalah salah satu peninggalan sejarah dan budaya yang harus dilestarikan dan dijaga agar nilai-nilai bangsa ini tidak jatuh. Dikalangan pelajar, Candi Prambanan merupakan bukti betapa tinggi peradaban budaya bangsa kita pada masalalu.
Selain menjadi tempat kajian ilmu sejarah, kawasan Candi Prambanan bermanfaat sebagai sarana pembelajaran, antara lain :
1.     Biologi dan Kimia
Disekitar Candi Prambanan terdapat berbagai jenis tanaman dan sebagian diantaranya merupakan tanaman langka. Tanaman-tanaman tersebut diobservasi oleh pelajar. Material Candi Prambanan dan sekitarnya dapat menjadi sampel kimia yang menarik untuk didiskusikan.
2.     Geografi dan Bahasa
Candi Prambanan mempunyai keunikan kontur lingkungannya. Pembelajaran mengenai kontur tanah, lingkungan geologis sangat menarik dilakukan di Candi Prambanan. Candi Prambanan selalu dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang berasal dari berbagai negara.
Hal tersebut menjadikan candi prambanan menjadi sumber pembelajaran bahasa. Setiap pengunjung Candi Prambanan mendapat pembelajaran bahasa, baik bahasa asing maupun bahasa daerah.
Bidang-bidang diatas hanya sebagian dari berbagai bidang yang mungkin bisa dikembangkan. Candi Prambanan masih menantikan sentuhan pada pemikir dan pelaku pendidikan untuk digarap sebagai sarana pendidikan.



















Text Box: 9BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.        Kesimpulan
Setelah penulis melakukan observasi ke Candi Prambanan, maka dapat disimpulkan bahwa Candi Prambanan merupakan tempat bersejarah, tempat beribadah umat Hindu dan tempat pendidikan untuk menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat luas dan bagi para pelajar. Dengan adanya Candi Prambanan kita dapat mengetahui sejarah di masa lampau, semua jenis benda bukti material yang berasal dari budaya manusia, alam dan lingkungannya. Dan dengan adanya Candi Prambanan para pelajar mendapatkan ilmu pengetahuan seperti ilmu sejarah, biologi, kimia, geografi, bahasa, dan lain-lain.

B.        Saran
Setelah penulis mengamati dan mengetahui tentang kebudayaan yang ada di Candi Prambanan. Maka penulis ingin menyampaikan saran-saran sebagai berikut :
1.     Kita sebagai generasi muda harus melestarikan kebudayaan Indonesia dengan menjaga keutuhan Candi Prambanan dan menjaga keasliannya agar tetap terlihat nilai-nilai sejarahnya.

2.     Menghimbau kepada pemerintah hendaklah membantu apa yang menjadi kekurangan dalam rangka kemajuan Candi Prambanan.

3.     Adanya peningkatan dalam melayani pengunjung yang berminat untuk berkunjung di Candi Prambanan.

4.     Penulis berharap agar para pembaca mengetahui sejarah berdirinya Candi Prambanan.
















DAFTAR PUSTAKA

1.    Mardani, Hadiatmaja, M. 1978 Sejarah Candi Prambanan. Museum Candi Prambanan: Gramedia.
2.    KRT, Hudoprayogo. 1994 Arti dan Makna Candi Prambanan. Yogyakarta: CV.Prayogo.


















 
LAMPIRAN

Description: C:\Users\ineb\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\PhotoGrid_1461836108569_e1.jpg
Description: Image result for prambanan



No comments:

Post a Comment