NILAI-NILAI
SEJARAH CANDI PRAMBANAN DAN
MANFAATNYA
BAGI PELAJAR
LAPORAN
OLEH
NINA WIDIASTUTI
NISN 9990869287
MADRASAH ALIYAH NEGERI
1 PRINGSEWU
KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN 2016
NILAI-NILAI
SEJARAH CANDI PRAMBANAN DAN
MANFAATNYA
BAGI PELAJAR
LAPORAN
Laporan ini disusun sebagai salah
satu syarat mengikuti UAMBN dan UN Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu
OLEH
NINA WIDIASTUTI
NISN 9990869287
MADRASAH ALIYAH NEGERI
1 PRINGSEWU
KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN 2016
PERSETUJUAN
Judul
Laporan : Nilai-Nilai Sejarah
Candi Prambanan Dan Manfaatnya
Bagi Pelajar
Nama
Siswa : Nina Widiastuti
NISN : 9990869287
Jurusan : Ilmu-Ilmu Sosial (IIS)
Laporan ini telah disetujui oleh
pembimbing pada:
Hari / Tanggal :
Mengetahui
Pembimbing
1 Pembimbing
2
Khairuddin,
S.Ag.M.Pd.I Drs.Thobrani
NIP
197205082007101001 NIP
19670202199403107
PENGESAHAN
Tim
Penguji
Ketua : Yunizar,S.Pd.,M.M ( )
NIP 197606232003121001
Seretaris : Drs.H.Bunyana ( )
NIP 196810122000031002
Penguji : Titik Solekah, S.E ( )
NIP 197906142009122001
Kepala
MAN 1 Pringsewu
Drs.Nauval
NIP 196711211994031005
Laporan
ini disahkan pada tanggal : 2016
PERSEMBAHAN
Laporan
ini penulis persembahkan kepada :
1.
Ayahanda
Supmedi dan Ibunda Nurhayati tercinta yang selalu mendukung dan mengarahkan
yang terbaik untukku.
2.
Kakak
ku Rohma Nuraini tercinta.
MOTTO
“Jadikan kepandaian sebahai
kebahagiaan bersama, sehingga mampu meningkatkan rasa ikhlas dan bersukur atas
kesuksesan”
(Mario Teguh)
RIWAYAT
HIDUP
Penulis lahir di Ganjaran, 10
November 1998, anak ke-2 dari 2 bersaudara, dari pasangan Ayahanda Supmedi dan
Ibunda Nurhayati.
RIWAYAT PENDIDIKAN
NO
|
NAMA
|
TAHUN TAMAT
|
|
SEKOLAH
|
TEMPAT
|
||
1
|
SDN 1 Gumukrejo
|
Ganjaran
|
2011
|
2
|
SMP
N 5 Pringsewu
|
Fajar Agung
|
2014
|
3
|
MAN
1 Pringsewu
|
Pringsewu
|
Masih ditempuh
|
Pringsewu, 2016
Penulis
Nina
Widiastuti
NISN
9990869287
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan laporan yang berjudul “Nilai-Nilai Sejarah Candi Prambanan Dan Manfaatnya Bagi Pelajar”.
Laporan ini disusun sebagai salah
satu syarat mengikuti Ujian Nasional tahun pelajaran 2016/2017 di Madrasah
Aliyah Negeri 1 Pringsewu. Bagi pelajar laporan ini sebagai bukti kegiatan yang
telah dilakukan dan disampaikan kepada para pembaca agar memperoleh gambaran
pengalaman yang sama seperti yang dialami penulis.
Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa
dalam menyelesaikan laporan ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan
berbagai pihak. Untuk itu, pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan
ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1. Drs.Nauval selaku kepala MAN 1
Pringsewu, yang telah memberikan kesempatan dan arahan selama pendidikan dan
pembuatan laporan ini.
2. Yunizar,S.Pd.,M.M selaku wakil kepala
madrasah bidang kesiswaan.
3. Drs.Thobrani selaku wali kelas
sekaligus guru pembimbing dalam penulisan laporan ini yang dengan sabar memberikan
bimbingan dan arahan sejak dari permulaan sampai dengan selesainya laporan ini.
4. Khairuddin,S.Ag.M.Pd.I selaku
pembimbing laporan ini yang dengan sabar memberikan bimbingan dan arahan sejak
dari permulaan sampai dengan selesainya laporan ini.
Penulis menyadari atas segala
keterbatasan dan kekurangan dari isi maupun tulisan laporan ini. Oleh karena
itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun sangat penulis
harapkan. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang baik
bagi semua pihak.
Pringsewu, 2016
Penulis
Nina Widiastuti
NISN 9990869287
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................
i
HALAMAN PERSETUJUAN.............................................................
ii
HALAMAN PENGESAHAN..............................................................
iii
HALAMAN PERSEMBAHAN............................................................
iv
HALAMAN MOTTO.......................................................................
v
RIWAYAT HIDUP.........................................................................
vi
KATA PENGANTAR......................................................................
vii
DAFTAR ISI................................................................................
ix
DAFTAR GAMBAR........................................................................
x
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah...................................................
1
B.
Rumusan
Masalah...........................................................
2
1.
Identifikasi Masalah....................................................
2
2.
Perumusan Permasalahan............................................
2
C.
Tujuan
Penelitian............................................................
2
D.
Kegunaan
Penelitian.......................................................
2
E.
Ruang
Lingkup Penelitian................................................
3
BAB II PEMBAHASAN
A.
Sejarah
Berdirinya Candi Prambanan................................
4
B.
Legenda
Candi Prambanan..............................................
6
C.
Manfaat
Candi Prambanan Bagi Pelajar.............................
6
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan....................................................................
9
B.
Saran............................................................................
9
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Bangsa
Indonesia tidak hanya dikaruniai keindahan alam yang melimpah, tetapi memiliki
bangunan bersejarah yang mengagumkan. Contohnya terdapat bangunan yang berupa
candi. Salah satu candi yang ada di Indonesia adalah Candi Prambanan.
Candi Prambanan adalah kompleks candi
Hindu terbesar dan termegah di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi
tepatnya tahun 778 tahun saka. Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini
Candi Prambanan tidak hanya memiliki fungsi sarana ibadah agama Hindu. Namun,
telah dijadikan objek wisata yang mampu menarik pengunjung, baik bagi wisata
domestik maupun dari mancanegara.
Oleh sebab itu, untuk terus
melestarikan Candi Prambanan, salah satunya dengan cara menghidupkan kembali
semangat toleransi, kekeluargaan dan soldaritas.
B.
Rumusan
Masalah :
1.
Identifikasi
Masalah
Candi
Prambanan merupakan sebuah situs bersejarah dan sebagai salah satu obyek wisata
popular di Indonesia. Sebagai sebuah situs bersejarah, Candi Prambanan memiliki
banyak daya tarik bagi para wisatawan yang datang mengunjunginya, lantas apa
sajakah daya tarik tersebut?
2.
Perumusan
Permasalahan
Berdasarkan
latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam laporan ini adalah sebagai
berikut:
1. Bagaimana
sejarah berdirinya Candi Prambanan ?
2. Apa
saja manfaat Candi Prambanan bagi pelajar ?
C.
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian dalam laporan ini adalah sebagai
berikut :
1.
Untuk mendeskripsikan
sejarah berdirinya Candi Prambanan.
2.
Untuk mendeskripsikan
manfaat Candi Prambanan bagi pelajar.
D.
Kegunaan
Penelitian
Kegunaan dari penelitian Candi Prambanan
yaitu:
1. Dapat
menambah pengetahuan mengenai sejarah Candi Prambanan
2. Dapat
menambah wawasan untuk para pelajar
E.
Ruang
Lingkup Penelitian
Berdasarkan kegunaan
penelitian di atas, maka ruang lingkup penelitian dalam laporan ini adalah
Candi Prambanan yang berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten
Sleman, Jawa Tengah.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah
Candi Prambanan
Prambanan
berasal dari kata “para” dan “brahmana”. Para yang berarti banyak dan
brahmana yang berarti orang suci Hindu. Jadi Prambanan dapat diartikan sebagai
prasasti-prasasti orang suci Hindu.
Candi
Prambanan adalah kelompok percandian Hindu yang dibangun oleh raja-raja dinasti Sanjaya pada abad XI tepatnya
pada tahun 778 tahun saka. Ditemukannya nama pikatan pada candi ini menimbulkan
pendapat bahwa Candi Prambanan dibangun oleh rakai pikatan yang kemudian
diselesaikan oleh Rakai Balitung berdasarkan prasasti berangka pada tahun 856
m.
Letak candi prambanan berada
diperbatasan di antara 2 provinsi yaitu Jawa Tengah dan Daerah Istimewa
Yogyakarta. Wilayah administrasinya berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan
Prambanan, Kabupaten Sleman, Jawa Tengah.
Berdasarkan
sejarah Candi Prambanan, diyakini Candi Prambanan merupakan candi yang
digunakan untuk acara pemujaan. Diyakini juga di sekitar Candi Prambanan
terdapat beberapa komplek
bangunan
semacam kuil atau tempat tinggal para brahman pada masa kerajaan mataram Hindu
dari dinasti Sanjaya.
Sejarah Candi Prambanan berakhir pada
saat kerajaan Mataram bergeser dan dipindahkan ke Jawa Timur. Setelah
ditinggalkan, Candi Prambanan secara perlahan mulai rusak dan mengalami
kehancuran besar-besaran akibat gempa bumi pada abad ke IVI.
Setelah ratusan tahun ditinggalkan,
Inggris tertarik ingin mengembalikan kejayaan candi ini. Conlin Malkenzle
secara kebetulan menemukan reruntuhan Candi Prambanan dan ditugaskan untuk
melakukan ekskavasi. Namun tidak berjalan mulus, dan reruntuhan masih
terbengkalai.
Beberapa restorasi pernah dilakukan
oleh pemerintah Belanda dan akhirnya restorasi secara besar-besaran pada tahun
1930 dan berakhir pada tahun 1953 yang diresmikan secara langsung oleh
Ir.Soekarno. kemudian pada tahun 2006 candi ini mulai mengalami kerusakan berat
akibat gempa bumi yang mengguncang wilayah Yogyakarya. Namun candi ini segera
mendapatkan perbaikan yang menyeluruh.
Sampai sekarang Candi Prambanan masih
sering digunakan untuk berbagai acara wisata. Candi Prambanan masih sering
digunakan untuk berbagai acara keagamaan hingga berbagai acara wisata. Candi
Prambanan juga digunakan sebagai sarana pembelajaran tentang sejarah dan
kebudayaannya.
B.
Legenda
Candi Prambanan
Ada
sebuah cerita yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang Candi Prambanan.
Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai mencintai Roro Jonggrang.
Karena Roro tidak mencintai Bandung, Roro meminta Bandung Untuk Membuat candi
dengan 1000 arca dalam satu malam.
Permintaan itu hampir
selesai, namun Roro Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api
besar agar suasana seperti pagi. Para jin yang membantu Bandung pun pergi
karena takut pada cahaya sedangkan jumlah arca hanya 999. Karena merasa
dicurangi, Bandung Bondowoso Mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke-1000.
C.
Manfaat
Sejarah Candi Prambanan Bagi Pelajar
Bagi
dunia pendidikan, Candi Prambanan merupakan tempat kajian ilmu, khususnya ilmu sejarah. Pelajar dapat
mengetahui sejarah masa lampau dan mempelajari kehidupan di masa lalu. Dengan
mengetahui sejarah berdirinya maupun pada masa kejayaannya maka para pelajar
akan sadar betapa besar peradaban bangsa kita dimasa lalu. Candi Prambanan adalah salah satu
peninggalan sejarah dan budaya yang harus dilestarikan dan dijaga agar
nilai-nilai bangsa ini tidak jatuh. Dikalangan pelajar, Candi Prambanan merupakan
bukti betapa tinggi peradaban budaya bangsa kita pada masalalu.
Selain
menjadi tempat kajian ilmu sejarah, kawasan Candi Prambanan bermanfaat sebagai
sarana pembelajaran, antara lain :
1. Biologi
dan Kimia
Disekitar
Candi Prambanan terdapat berbagai jenis tanaman dan sebagian diantaranya
merupakan tanaman langka. Tanaman-tanaman tersebut diobservasi oleh pelajar.
Material Candi Prambanan dan sekitarnya dapat menjadi sampel kimia yang menarik
untuk didiskusikan.
2. Geografi
dan Bahasa
Candi
Prambanan mempunyai keunikan kontur lingkungannya. Pembelajaran mengenai kontur
tanah, lingkungan geologis sangat menarik dilakukan di Candi Prambanan. Candi
Prambanan selalu dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara
yang berasal dari berbagai negara.
Hal
tersebut menjadikan candi prambanan menjadi sumber pembelajaran bahasa. Setiap
pengunjung Candi Prambanan mendapat pembelajaran bahasa, baik bahasa asing
maupun bahasa daerah.
Bidang-bidang diatas hanya sebagian
dari berbagai bidang yang mungkin bisa dikembangkan. Candi Prambanan masih
menantikan sentuhan pada pemikir dan pelaku pendidikan untuk digarap sebagai
sarana pendidikan.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Setelah penulis
melakukan observasi ke Candi Prambanan, maka dapat disimpulkan bahwa Candi
Prambanan merupakan tempat bersejarah, tempat beribadah umat Hindu dan tempat
pendidikan untuk menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat luas dan bagi para
pelajar. Dengan adanya Candi Prambanan kita dapat mengetahui sejarah di masa
lampau, semua jenis benda bukti material yang berasal dari budaya manusia, alam
dan lingkungannya. Dan dengan adanya Candi Prambanan para pelajar mendapatkan
ilmu pengetahuan seperti ilmu sejarah, biologi, kimia, geografi, bahasa, dan
lain-lain.
B.
Saran
Setelah
penulis mengamati dan mengetahui tentang kebudayaan yang ada di Candi
Prambanan. Maka penulis ingin menyampaikan saran-saran sebagai berikut :
1. Kita sebagai generasi
muda harus melestarikan kebudayaan Indonesia dengan menjaga keutuhan Candi
Prambanan dan menjaga keasliannya agar tetap terlihat nilai-nilai sejarahnya.
2. Menghimbau
kepada pemerintah hendaklah membantu apa yang menjadi kekurangan dalam rangka
kemajuan Candi Prambanan.
3. Adanya
peningkatan dalam melayani pengunjung yang berminat untuk berkunjung di Candi
Prambanan.
4. Penulis
berharap agar para pembaca mengetahui sejarah berdirinya Candi Prambanan.
DAFTAR PUSTAKA
1. Mardani,
Hadiatmaja, M. 1978 Sejarah Candi
Prambanan. Museum Candi Prambanan: Gramedia.
2. KRT,
Hudoprayogo. 1994 Arti dan Makna Candi
Prambanan. Yogyakarta: CV.Prayogo.
LAMPIRAN
No comments:
Post a Comment