Sunday, February 7, 2016

laporan studytour candi prambanan sebagai objek wisata.beankr7



CANDI PRAMBANAN SEBAGAI SALAH SATU OBJEK WISATA BERSEJARAH BAGI PELAJAR

KARYA TULIS

OLEH :
ERIKA INDRIAWATI
NISN 9980707041





MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PRINGSEWU
KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

CANDI PRAMBANAN SEBAGAI SALAH SATU OBJEK WISATA BERSEJARAH BAGI PELAJAR

(Laporan Penelitian)

Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mengikuti UN dan UAMBN
2015 / 2016 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu

OLEH :
ERIKA INDRIAWATI
NISN 9980707041





MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PRINGSEWU
KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016
PERSETUJUAN

Judul Karya Tulis          : Candi Prambanan Sebagai Salah Satu Objek Wisata  
  Bersejarah Bagi Pelajar  
Nama Siswa                 : Erika Indriawati
NISN                           : 9980707041
Jurusan             : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )



Mengetahui,
1.      Komisi Pembimbing


    Pembimbing I                                                                 Pembimbing II


DEDI FEBRIANTO, S.Pd                                               MELISTIYOWATI, S.Pd          
NIP 198502132009011005                                             NIP 196805062007012034





PENGESAHAN

1.        Tim Penguji
Ketua                    : Yunizar, S.Pd, M.M                           (                                 )
                          NIP 197606232003121001

Sekretaris              : Drs. H. Bunyana                                 (                                 )
                          NIP 196810122000031002

Anggota                : 1.                                                       (                                 )
                              NIP
                               2.                                                       (                                 )
                              NIP




2.        Kepala MAN 1 Pringsewu



SAMSURIZAL, S.Pd, M.Si   
NIP 196811071997031003



Disahkan Pada Tanggal :


PERSEMBAHAN

Karya  ini penulis persembahkan kepada :
1.      Ayahanda Hasanudin Yasin dan Ibunda Enah tercinta yang telah membesarkan, mendidik dan member doa restu serta membiayai terwujudnya karya tulis ini;
2.      Kakak tercinta yang selalu member semangat dalam mewujudkan karya tulis ini;
3.      Semua rekan-rekan di MAN 1 Pringsewu yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan karya tulis ini.













MOTTO

UNTUK MENUJU KESUKSESAN DIPERLUKAN SEBUAH PENGORBANAN

BERHENTILAH MENGAWATIRKAN MASA DEPAN SYUKURILAH HARI INI, DAN HIDUPLAH DENGAN SEBAIK-BAIKNYA.
( MARIO TEGUH )














RIWAYAT PENDIDIKAN

Penulis lahirKAN di Napal Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung pada tanggal 06 Juni 1998. Anak ke-4 (empat) dari 4 bersaudara dari pasangan Bapak SYasin dengan Ibu Enah.

PENDIDIKAN

No
Nama
Tamat Tahun

Sekolah
Tempat

1
MI Jami’atul Falah
Napal
2010
2
MTs Mathlaul Anwar
Napal
2013
3
MAN 1 Pringsewu
Pringsewu
Sedang Ditempuh

     Pringsewu,
     Penulis,



     Erika Indriawati   .
     NISN 9977193078




KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb.
Dengan memajukan rasa Puji Syukur kehadirat Allah SWT, Karena berkat rahmat, hidayahnya serta inayah-Nya, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya tulis ini yang berjudul “CANDI PRAMBANAN SEBAGAGAI SALAH SATU OBJEK  WISATA BERSEJARAH BAGI OELAJAR” guna melengkapi salah satu syarat untuk mengikuti UN dan UAMBN di Madrasah Aliyah Negeri Satu Pringsewu tahun ajaran 2015 - 2016.

Dengan terselesaikannya karya tulis ini tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Samsurizal, S.Pd, M.Si selaku kepala MAN 1 Pringsewu;
2.      Bapak Dedi Febriyanto, S.Pd selaku pembimbing I;
3.      Ibu Melistiyowati, S.Pd selaku pembimbing II dan wali kelas XII IPS;
4.      Bapak/ Ibu guru MAN 1 Pringsewu;
5.      Teman-teman dan semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyusun dan menyelesaikan karya tulis ini.

Penulis menyadari bahwa dakam penyusunan karya tulis ini masih banyak kesalahan, kekeliruan dan kekurangan. Penulis berusaha semaksimal mungkin dengan kemampuan yang ada sehingga terwujudnya karya tulis ini.
Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamualaikum Wr. Wb

                        Pringsewu,
                        Penulis,




        Erika Indriawati   .
        NISN 9977193078

DAFTAR ISI

                                                                                                                     Halaman
HALAMAN JUDUL............................................................................................ i
HALAMAN PERSETUJUAN............................................................................. ii
HALAMAN PENGESAHAN.............................................................................. iii
HALAMAN PERSEMBAHAN........................................................................... iv
HALAMAN MOTTO.......................................................................................... v
RIWAYAT HIDUP.............................................................................................. vi
KATA PENGANTAR......................................................................................... vii
DAFTAR ISI....................................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah............................................................................ 1
1.2  Rumusan Masalah..................................................................................... 1
1.3  Metode Penelitian..................................................................................... 2
1.4  Tujuan Penelitian....................................................................................... 2
BAB II HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
3.1  Kawasan Wisata Candi Prambanan........................................................... 3
3.2  Pengumpulan dan Penyajian Data.............................................................. 3
3.3  Pembahasan dan Hasil Penelitian............................................................... 3
BAB III SIMPULAN DAN SARAN
3.1  Simpulan................................................................................................... 6
3.2  Saran-saran.............................................................................................. 6
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Pariwisata merupakan salah satu sumber Pendapatan daerah. Tiap daerah Indonesia memiliki potensi wisata, baik wisata alam maupun wisatya buatan. Wisata alam adalah objek wisata yang terjadi karena proses alam, misalnya pantai, air terjun, doa dan lain-lain. Wisata buatan adalah objek wisata yang di buat manusia ataupun arsitektur yang terkenal. Misalnya Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut dan lain-lain.
      Dengan adannya wisata alam dan wisata buatan, selain menikmati pemandangan dan melepas lelah. Pengunjung dapat menyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa akan kegunaan Ciptaan-Nya. Untuk itu penulis mengangkat beberapa masalah dalam kegiatan karya wisata ini, yaitu :
Terbatasnya wawasan siswa terhadap objek-objek wisata bersejarah Nasional. Letak Provinsi Lampung yang sangat perlu untk mengetahui apa yang ada dan yang dilihat disana sebagai bahan pembahasan wawasan. Menanamkan jiwa sadar wisata, Negara yng kita cintai Tanah Air Indonesia memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi dan emiliki potendi yang sangat besar bila kita semua sebagai  warga Negara Indonesia mau peduli.
Dalam hari ini penulis menyusun karya tulis ni dengan mengambil judul “ Candi Prambanan Sebagai Salah Satu Objek Wisata Bersejarah Bagi Pelajar” hal ini berguna untuk menambah pengetahuan bagi pembaca umumnya, dan dari sendiri khususnya.  

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penulis dapat merumuskan masalah “Mengapa Candi Prambanan menjadi salah satu objek wisata bersejarah bagi pelajar?”

1.3  Metode Penelitian
Dalam penyusunan karya tulis ini, penulis menggunakan beberapa cara atau metode, yaitu :
1.3.1   Metode Observasi
Yaitu metode yang dilakukan penulis dengan cara langsung mengadakan pengamatan dan penelitian di Candi Prambanan (KBBI : 2003)
1.3.2   Metode Interview
Tanya jawab dengan seseorang yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya tentang suatu hal (KBBI : 2003)
1.3.3   Metode Pustaka
Suatu cara mengumpulkan data melalui buku-buku panduan atau media lain yang dapat digunakan sebagai bukti atau keterangan (W.J.S. Purwadamita)

1.4  Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Dalam penyusunan karya tulis ini, penulis ingin menyampaikan tujuan dan kegunaan karya wisata.
1.4.1   Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari sebuah karya wisata adalah untuk mengetahui mengapa Candi Prambanan menjadi salah satu objek wisata bersejarah bagi pelajar
1.4.2   Kegunaan Penelitian
Adapun kegunaan karya wisata antara lain :
a.       Dapat memberikan gambaran tentang obyek yang dikunjungi
b.      Dapat menambah Ilmu bagi Penulis dan Pembaca
c.       Sebagai study banding antara teori yang diterima disekolah dengan hasil pengamatan langsung dilapangan.


BAB II
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

2.1    Kawasan Candi Prambanan
Candi Prambanan terletak di Desa Prambanan, diantara Kabupaten Sleman dan Kelaten , kurang lebih 20 Km kearah timur dari kota Yogyakarta persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
     Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia dan termasuk bangunan yang luar biasa cantik nyang dibangun pada abad ke – 10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pakitan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter ( 5 meter lebih tinggi dari candi Borobudur). Berdirinnya candi ini telah memenuhi keinginan  pembuatnya. Menunjukan kejayaan Hindu ditanah Jawa, sehingga para pengunjung yang datang dapat menikmati keindahan Candi Prambanan ini.

2.2    Pengumpulan dan Pengajian Data
Candi Prambanan juga memiliki relief candi yang memuat Ramayana. Menurut para ahli, relief itu mirip dengan cerita Ramayana yang diturunkan lewat tradisi lisan. Relief lain yang menarik adalah pohon kalpataru yang dalam agama hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasia, serta lingkungan. Di prambanan, relief pohon kalpataru digambarkan tengah menggapit singa. Keberadaan pohon ini membuat para ahli menganggap bahwa masyarakat abad ke-19 memiliki kearifan dalam mengelola lingkungannya.
Di Indonesia kalpataru menjadi lambing wahana lingkungan hidup (wailul), bahkan beberapa ilmuan di Bali mengembangkan konser Tri Hita, karena untuk pelestarian lingkungan melihat relief kalpataru di candi ini.

2.3    Pembahasan dan Hasil Penelitian
Komplek Candi Prambanan yang dibangun pada abad 10 m ini memiliki tiga bangnan utama berarsitektur indah setinggi 47 meter. Krtiga bangunan tersebut melambangkan Trimukti, yaitu ajaran tentang tiga dewa utama yang terdiri Candi Siwa (Dewa pelibur) ditengah, Candi Brahma (Dewa Penjaga) di selatan, dan Candi Wisnu (Dewa Pencipta) di utara. Kemudian di depan bangunan utama ini terdapat 3 candi yang lebih kecil sebaai pelambang wahana (kendaraan) dari Trimukti. Ketiga candi tersebut adalah Candi Nandi (kerbau) yang merupakan kendaraan Siwa. Candi Angsa kendaraan Brahma dan Candi Garuda kendaraan Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara halaman kedua memiliki 224 candi.
     Memasuki Candi Wisnu yang terletak ditenah dan bangunannya paling tinggi, akan memenuhi 4 buah ruangan. Satu rungan utama berisi Arca Siwa, sementara 3 ruangan lain masing-masing berisi :
Ø  Arga Durga (Istri Siwa)
Ø  Agastya (Guru Siwa)
Ø  Ganesha (Putra Siwa)
Di Candi Wisnu yang terletak di sebelah utara Candi Siwa hanya akan menjumpai satu ruangan yang berisi Arca Wisnu. Dengan demikian juga Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa hanya akan menemukan satu ruangan berisi Arca Brahma.
Candi pendamping yang cukup memikat adalah Candi Garuda yang terletak di dekat Candi Wisnu. Candi ini menceritakan kisah tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang. Diperkirakan sosok itu adalah adaptasi Hindu atas sosok Bennu (berarti “terbit atau bersinar”, biasa di asosiasikan sebagai Re) dalam mitologi Mesir kuno atau Phonix dalam mitologi Yunani kuno
Pada tahun 1733, candi ini ditemukan oleh Ca, Lons seorang berkebangsaan Belanda. Kemudian pada tahun 1855 Jan Willem lj Jerman mulai membersihkan dan memindahkan beberapa batu dan tanah dari bilik candi. Beberapa saat kemudian Isaas Groneman melakukan pembongkaran besar-besaran dan batu candi tersebut di tumpuk secara sembarang di sepanjang sungai Opak. Setelah mengalami beberapa pembongkaran dan renovasi, akhirnya tahun 1991 candi ini dilindungi oleh UNESCO.
     Candi Prambanan ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar budaya dunia (Word Wonder Herltage) sejak tahun 1991 menempuh lahan 39,8 hektar, menjulang setinggi 47 meter Candi Prambanan terlihat perkasa dan megah.
     Candi Prambanan adalah sebuah tempat wisata di Yogyakarta dengan riwayat yang tua. Letak posisi Candi Prambanan dengan Candi Borobudur tidaklah berjauhan. Hal ini memberikan pesan kuat bahwa sejak dahulu kala telah terjadi keharmonisan antar pemeluk agama Buddha dan Hindu ditanah Jawa.
Di kawasan Candi Prambanan ini, terdapat kompleks besar bangunan Candi yang menunjukan bahwa Candi Prambanan adalah pusat kegiatan pemujaan dan acara keagamaan.. Penemuan reruntuhan Candi Prambanan menegaskan bahwa kawasan sekitar Candi adalah pusat pemerintahan kerajaan Mataram Hindu dari Dinasti Sanjaya.
     Candi Prambanan merupakan peninggalan pada zaman dahulu, baik sebagai tempat suci atau tempat beribadah bagi umat Hindu kini, Candi Prambanan berperan sangat penting sebagai srana ilmu pengetahuan terutama dalam bidang pendidikan di kalangan pelajar. Manfaat candi Prambanan bagi pelajar untuk mengenal lebih luas dan mendalam tentang sejarah Candi Prambanan, benda-benda bersejarah, yang ada di dalam candi prambanan, serta member motivasi bagi pelajar supaya lebih peduli dengan peninggalan yang sangat bersejarah serta menjaga aga tidak sirusak oleh tanan jahil manusia.
BAB III
SIMPULAN DAN SARAN

3.1 Simpulan
Berdasarkan penjelasan pada halaman sebelumnya, maka penulis menyimpulkan bahwa :
1.      Manfaat Candi Prambanan bagi pelajar untuk mengenal lebih luas dan mendalami tentang sejarah Candi Prambanan, benda-benda bersejarah yang ada di dalam Candi Prambanan, serta member motivasi bagi pelajar supaya lebih peduli dengan peninggalan yang sangat bersejarah, serta menjagannya agar tidak dirusak oleh tangan jail manusi;
2.      Candi Prambanan merupakan peninggalan pada zaman dahulu baik sebagai tempat suci atau tempat beribadah bagi umat Hindu. Kini, candi Prambanan berperan sangat penting sebagai sarana ilmu pengetahuan terutama dalam bidang pendidikan dikalangan pelajar.

3.2  Saran-saran
Demi terciptannya tujuan penelitian dan demi pelestarian Candi Prambanan yang merupakan kebudayaan bangsa kita, maka penulis memberikan saran yaitu sebagai berikut.
1.      Sebagai generasi muda, kita harus bias menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa yang kita miliki;
2.      Perlu diadakannya pengawasan yang keras;
3.      Untuk adik-adik biadakan dan gemarilah membaca buku sejarah, karena dengan adanya sejarah, kita dapat mengetahui nilai-nilai kebudayaan yang ada pada bangsa kita.



DAFTAR PUSTAKA

Djogjakarta (2008) Candi Prambanan http://djogjakarta.blogdetik.com //h/candi prambanan.html
Fariable, 2011.Kompleks candi prambanan-candi roro jongrang http.//fariable.blogspot.com//2011/01/kompleks-candi-prambanan.roro.html
K.Beni,2001,Kamus Besar Bahasa Indonesia,Bandung:Putra Utama


2 comments: