CANDI
PRAMBANAN SEBAGAI SARANA
PARIWISATA
BUDAYA BANGSA INDONESIA
KARYA TULIS
DISUSUN OLEH :
NURNASARI
NISN : 9977194244
MADRASAH
ALIYAH NEGERI 1 PRINGSEWU
KABUPATEN
PRINGSEWU
TAHUN
2016
CANDI
PRAMBANAN SEBAGAI SARANA
PARIWISATA
BUDAYA BANGSA INDONESIA
KARYA TULIS
DISUSUN OLEH :
NURNASARI
NISN : 9977194244
Di Ajukan Sebagai Salah Satu Syarat
Untuk Mengikuti Un Dan Um
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu
Tahun Pelajaran 2016-2017
MADRASAH
ALIYAH NEGERI 1 PRINGSEWU
KABUPATEN
PRINGSEWU
TAHUN
2016
PERSETUJUAN
Judul
Laporan : CANDI PRAMBANAN SEBAGAI
SARANA PARIWISATA
BUDAYA BANGSA INDONESIA
Nama
Siswa : NURNASARI
NISN : 9977194244
Nama
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri 1
Pringsewu
Jurusan : Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS)
Mengetahui
Komisi Pembimbing
Pembimbing
1 Pembimbing
2
Khairudin,
S.Ag.M.Pd.I Drs.Thobrani
NIP.
197205082007101001 NIP.
196702021994031007
PENGESAHAN
1.
Tim
Penguji
Ketua : Yunizar, S.Pd.M.M
NIP 197606232003121001
Sekretaris : Drs.H.Bunyana
NIP 19681012200003121001
Penguji : Titik Solekah, S.E
NIP 197906142009122001
2.
Kepala
MAN 1 Pringsewu
Drs.Nauval
NIP.
196711211994031005
Karya tulis
ini disahkan pada tanggal : 2016
PERSEMBAHAN
Laporan
ini penulis persembahkan kepada :
1.
Ibunda
tercinta NGADINAH dan kakak-kakak saya yang telah mengasuh, membesarkan,
mendidik, mendukung dan membiayai hingga terwujudnya karya tulis ini.
2.
Kepada
Bapak Drs.Nauval, selaku kepala MAN 1 Pringsewu.
3.
Kepada
Bapak Khairudin, S.Ag.M.Pd.I selaku pembimbing I.
4.
Kepada
Bapak Drs.Thobrani, selaku pembimbing II.
5.
Kepada
Bapak/Ibu Guru MAN 1 Pringsewu.
6.
Semua
pihak yang telah membantu penulis.
MOTTO
Hanya kebodohan yang senantiasa
merendahkan pendidikan, jenius adalah 1% inspirasi dan 90% keringat, artinya
anda harus lebih banyak mengendalikan kerja keras ketimbang kecerdasan anda.
(Alvian Raharjo)
RIWAYAT
HIDUP
Penulis dilahirkan di
Bumiarum Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu pada tanggal 05 November 1997.
Penulis merupakan anak ke-5 dari 5 bersaudara dari pasangan Bapak USUP dan Ibu
NGADINAH.
PENDIDIKAN
No
|
NAMA
|
Tahun Tamat
|
|
Sekolah
|
Tempat
|
||
1
2
3
|
SDN
1 Bumiarum
SMP
N 4 Pringsewu
MAN
1Pringsewu
|
Bumiarum
Pringsewu
Pringsewu
|
2011
2014
Masih ditempuh
|
Pringsewu, 2016
Penulis
NURNASARI
NISN : 9977194244
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan
penyusunan laporan ini yang berjudul “CANDI PRAMBANAN SEBAGAI SARANA PARIWISATA
BUDAYA BANGSA”. Karya tulis ini disusun sebagai salah satu syarat untuk
mengikuti UN/US di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu.
Dengan tersusunnya karya tulis ini
penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1.
Bapak
Drs.Nauval selaku kepala MAN 1 Pringsewu.
2.
Bapak
Khairudin, S.Ag.M.Pd.I selaku pembimbing I.
3.
Bapak
Drs.Thobrani selaku pembimbing II.
Semoga laporan ini bermanfaat bagi
penulis khususnya dan semua pihak yang membaca pada umumnya.
Pringsewu, 2016
Penulis
Nurnasari
NISN
: 9977194244
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN....................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN........................................................ iii
HALAMAN PERSEMBAHAN...................................................... iv
HALAMAN MOTTO.................................................................. v
RIWAYAT HIDUP................................................................... vi
KATA PENGANTAR................................................................. vii
DAFTAR ISI........................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang............................................................. 1
B. Rumusan Masalah......................................................... 1
1.
Metode
Observasi.................................................... 2
2.
Metrode
Sukumentasi............................................... 2
C. Tujuan Pengamatan...................................................... 2
BAB II HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Pengamatan......................................................... 3
1.
Letak,
Situasi dan Kondisi......................................... 3
2.
Asal
Usul Candi Prambanan....................................... 3
3.
Sejarah
Singkat Candi Prambanan............................. 3
4.
Pembahasan............................................................ 4
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan..................................................................... 6
B. Saran.......................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA.................................................................. 7
LAMPIRAN............................................................................ 8
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Dalam
meningkatkan prestasi dan mutu para siswa dan pelajar maka diadakan “Study
tour” dalam study tour ini bisa menambah wawasan mengetahui objek-objek yang
ada dengan suatu pelajaran sekolah.
Candi
Prambanan merupakan suatu sarana pariwisata, karena selain dipakai tempat
upacara keagamaan hindu, Candi Prambanan juga dipakai tempat penelitian bagi
pelajar dan tempat pariwisata karena merupakan satu-satunya candi yang
berbentuk seperti kerucut. Hal ini dapat terlihat dengan banyaknya jumlah
pengunjung dalam maupun luar negeri.
B. Rumusan
Masalah
Dari
latar belakang di atas maka timbulah
rumus masalah yaitu :
“Mengapa
Candi Prambanan sebagai sarana pariwisata budaya bangsa Indonesia?”
Dalam
pengumpulan data penulis menggunakan beberapa metode diantaranya :
1. Metode
Observasi
Metode
observasi adalah untuk memperoleh data dengan cara meneliti, mengamah atau meninjau
secara langsung objek yang dijadikan lahan penelitian (KBB, 2002 : 740)
2. Metode
Dokumentasi
Metode
dokumentasi adalah dengan cara mengambil dan mencatat pariwisata yang terjadi
dan sudah di dokumentasikan beberapa gambar, tulisan buku-buku panduan dan
sebagainya.
C. Tujuan
dan Kegunaan Penelitian
Adapun
tujuan pembuatan laporan ini adalah sebagai berikut :
1.
Memberi
penjelasan tentang candi-candi Prambanan.
BAB II
HASIL PENGAMATAN DAN
PEMBAHASAN
A. Hasil
Pengamatan
1. Letak
Situasi dan Kondisi Tempat Penelitian
Candi
Prambanan terletak di perbatasan provinsi di Yogyakarta Jawa Tengah di
Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Situasi Candi
Prambanan sangat raman dan sangat banyak pengunjung yang berasala dari dalam
maupun luar negeri. Sedangkan kondisi Candi Prambanan sangat memprihatinkan di
karenakan terjadinya gempa bumi pada tahun 2005 dan beberapa kali meletusnya
gunung merapi.
2. Asal
Usul Candi Prambanan
Gugusan
candi ini dinamakan “PRAMBANAN” karena terletak di daerah Prambanan yang
bernama “RORO JONGGRANG” berkaitan dengan legenda yang menceritakan tentang
seorang dara yang jonggrang atau gadis jakung puteri Prabu Boko.
3. Sejarah
Singkat Candi Prambanan
Candi
Prambanan adalah kelompok percandian Hindu yang dibangun oleh para-para raja
dinasti sanjaya pada abad ke XI
ditemukannya nama tulisan di kota pada candi ini menimbulkan pendapat bahwa
candi ini dibangun oleh ikatan yang kemudian diselesaikan oleh Rakai Balitung.
Berdasar prasasti biangka pada tahun 865 m menggukuhkan kedudukan sebagai raja
yang besar. Candi Prambanan runtuh tinggal puing-puing pada tanggal 20 Desember
1953. Pemugaran candi induk Roro Jonggrang dinyatakanselesai oleh Ir.Soekarno
presiden RI pertama.
Sedangkan
Candi Brahma di pugar mulai tahun 1977 dan selesai pada tanggal 23 Maret 1987.
Pemugaran Candi Wisnu mulai pada tahun 1982 selesai diresmikan oleh bapak
presiden Soeharto pada tanggal 27 April 1991, kompleks percandian terdiri atas
latar bawah dan latar tengah, dan diruntuhkan candi-candi berwarna dan latar
atas semakin tinggi dikarenakan anak candi 224 buah candi yang berukuran sama
yaitu ruas dasar 6 m dan tinggi 14 m.
4. Pembahasan
hasil Pengamatan
Berdasarkan
analisis data di atas, maka hasil penelitian dapat menjadikan pembahasan hasil
penulisan sebagai berikut :
Candi
Prambanan disebut juga candi Roro Jonggrang
masih berkaitan dengan sejarah seorang putri yang bernama Jonggrang atau
seorang gadis yang jakung putri Prabu Boko. Candi ini persis terletak di
perbatasan Provinsi Yogyakarta dengan Provinsi Jawa Tengah.
Candi
Prambanan juga merupakan salah satu sarana pariwisata banyak sekali orang yang
berkunjung disana. Prambanan juga dikenal dengan pusat pembelanjaannya dengan
turis-turis yang berkunjung di tempat ini.
Gugusan
Candi Prambanan ini dinamakan pula Prambanan karena terletak di Prambanan,
Candi prambanan termasuk kelompok percandian. Candi Prambanan mulai di renovasi
pada tahun 1917 dan sampai sekarang belum selesai, bangunan utama baru
diselesaikan pada tahun 1953. Banyak bagian candi yang di renovasi menggunakan
batu-batu asli, banyak yang dicuri tau dipakai ulang di tempat lain.
Candi
Prambanan adalah sebuah situs warisan UNESCO mulai tahun 1991. Candi Prambanan
mempunyai tinggi bangunan 47 m. kompleks candi ini terdiri dari 8 kulit atau
candi utama dan lebih dari 250 candi kecil.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Setelah penyusunan menguraikan dari
seluruh hasil laporan dalam penulisan ini maka penyusun menyampaikan atas dasar
hasil laporan yang telah diperoleh sehingga dalam hal ini penyusun mengambil
kesimpulan :
1.
Candi
Prambanan dibangun oleh raja-raja dinasti sanjaya pada abad ke IX oleh raja
yang bernama Pikatan yang kemudian diteruskan oleh raja Balitung.
B. Saran-saran
Demi terciptanya anak bangsa dalam
kegiatan belajar dan demi terciptanya kebudayaan bangsa yang tak ternilai
harganya, maka saran penulis sebagai berikut :
1.
Perlu ditingkatkan kembali pemugaran Candi
Prambanan yang telah runtuh dan rusak.
DAFTAR
PUSTAKA
-
Soedirman,
Drs 1998. Candi Prambanan, Yogyakarta
-
Tim
penyusun, 2016. Pedoman Penulis Karya Tulis Ilmiah pPringsewu MAN 1 Pringsewu.
-
Wiharyanto.
Kardiyat. 19891. Perkembangan Sejarah, Yogyakarta : Sanata Dharma.
-
Yusuf,
Munzirin. 2005. Sejarah Peradaban Islam di Indonesia. Yogyakarta : Pustaka Book
Publishing.
LAMPIRAN
No comments:
Post a Comment