Wednesday, September 20, 2017

karya tulis candi prambanan sebagai sarana pariwisata budaya bangsa indonesia



CANDI PRAMBANAN SEBAGAI SARANA
PARIWISATA BUDAYA BANGSA INDONESIA

KARYA TULIS
DISUSUN OLEH :
NURNASARI
NISN : 9977194244




MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PRINGSEWU
KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN 2016



 


CANDI PRAMBANAN SEBAGAI SARANA
PARIWISATA BUDAYA BANGSA INDONESIA

KARYA TULIS
DISUSUN OLEH :
NURNASARI
NISN : 9977194244

Di Ajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mengikuti Un Dan Um
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu
Tahun Pelajaran 2016-2017



MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PRINGSEWU
KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN 2016
PERSETUJUAN

Judul Laporan         : CANDI PRAMBANAN SEBAGAI SARANA PARIWISATA
  BUDAYA BANGSA INDONESIA
Nama Siswa            : NURNASARI
NISN                     : 9977194244
Nama Sekolah         : Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu
Jurusan                  : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Mengetahui
Komisi Pembimbing

Pembimbing 1                                               Pembimbing 2


Khairudin, S.Ag.M.Pd.I                                   Drs.Thobrani
NIP. 197205082007101001                            NIP. 196702021994031007






PENGESAHAN

1.    Tim Penguji
Ketua               : Yunizar, S.Pd.M.M
                         NIP 197606232003121001
Sekretaris         : Drs.H.Bunyana
                         NIP 19681012200003121001
Penguji             : Titik Solekah, S.E
                         NIP 197906142009122001

2.    Kepala MAN 1 Pringsewu


Drs.Nauval
NIP. 196711211994031005


Karya tulis ini disahkan pada tanggal :                           2016





PERSEMBAHAN

Laporan ini penulis persembahkan kepada :
1.    Ibunda tercinta NGADINAH dan kakak-kakak saya yang telah mengasuh, membesarkan, mendidik, mendukung dan membiayai hingga terwujudnya karya tulis ini.
2.    Kepada Bapak Drs.Nauval, selaku kepala MAN 1 Pringsewu.
3.    Kepada Bapak Khairudin, S.Ag.M.Pd.I selaku pembimbing I.
4.    Kepada Bapak Drs.Thobrani, selaku pembimbing II.
5.    Kepada Bapak/Ibu Guru MAN 1 Pringsewu.
6.    Semua pihak yang telah membantu penulis.












MOTTO

Hanya kebodohan yang senantiasa merendahkan pendidikan, jenius adalah 1% inspirasi dan 90% keringat, artinya anda harus lebih banyak mengendalikan kerja keras ketimbang kecerdasan anda.
(Alvian Raharjo)

















RIWAYAT HIDUP

Penulis dilahirkan di Bumiarum Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu pada tanggal 05 November 1997. Penulis merupakan anak ke-5 dari 5 bersaudara dari pasangan Bapak USUP dan Ibu NGADINAH.

PENDIDIKAN
No
NAMA
Tahun Tamat
Sekolah
Tempat
1
2
3
SDN 1 Bumiarum
SMP N 4 Pringsewu
MAN 1Pringsewu
Bumiarum
Pringsewu
Pringsewu
2011
2014
Masih ditempuh


Pringsewu,                        2016
Penulis


NURNASARI
NISN : 9977194244




KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini yang berjudul “CANDI PRAMBANAN SEBAGAI SARANA PARIWISATA BUDAYA BANGSA”. Karya tulis ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mengikuti UN/US di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu.

Dengan tersusunnya karya tulis ini penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1.    Bapak Drs.Nauval selaku kepala MAN 1 Pringsewu.
2.    Bapak Khairudin, S.Ag.M.Pd.I selaku pembimbing I.
3.    Bapak Drs.Thobrani selaku pembimbing II.

Semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan semua pihak yang membaca pada umumnya.

Pringsewu,                       2016
Penulis



Nurnasari
NISN : 9977194244





DAFTAR ISI

                                                                                      Halaman
HALAMAN JUDUL................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN....................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN........................................................ iii
HALAMAN PERSEMBAHAN...................................................... iv
HALAMAN MOTTO.................................................................. v
RIWAYAT HIDUP................................................................... vi
KATA PENGANTAR................................................................. vii
DAFTAR ISI........................................................................... viii

BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang............................................................. 1
B.    Rumusan Masalah......................................................... 1
1.    Metode Observasi.................................................... 2
2.    Metrode Sukumentasi............................................... 2
C.   Tujuan Pengamatan...................................................... 2

BAB II HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN
A.   Hasil Pengamatan......................................................... 3
1.    Letak, Situasi dan Kondisi......................................... 3
2.    Asal Usul Candi Prambanan....................................... 3
3.    Sejarah Singkat Candi Prambanan............................. 3
4.    Pembahasan............................................................ 4
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
A.   Simpulan..................................................................... 6
B.    Saran.......................................................................... 6

DAFTAR PUSTAKA.................................................................. 7
LAMPIRAN............................................................................ 8

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dalam meningkatkan prestasi dan mutu para siswa dan pelajar maka diadakan “Study tour” dalam study tour ini bisa menambah wawasan mengetahui objek-objek yang ada dengan suatu pelajaran sekolah.

Candi Prambanan merupakan suatu sarana pariwisata, karena selain dipakai tempat upacara keagamaan hindu, Candi Prambanan juga dipakai tempat penelitian bagi pelajar dan tempat pariwisata karena merupakan satu-satunya candi yang berbentuk seperti kerucut. Hal ini dapat terlihat dengan banyaknya jumlah pengunjung dalam maupun luar negeri.

B.    Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas  maka timbulah rumus masalah yaitu :
“Mengapa Candi Prambanan sebagai sarana pariwisata budaya bangsa Indonesia?”



Dalam pengumpulan data penulis menggunakan beberapa metode diantaranya :
1.   Metode Observasi
Metode observasi adalah untuk memperoleh data dengan cara meneliti, mengamah atau meninjau secara langsung objek yang dijadikan lahan penelitian (KBB, 2002 : 740)

2.   Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi adalah dengan cara mengambil dan mencatat pariwisata yang terjadi dan sudah di dokumentasikan beberapa gambar, tulisan buku-buku panduan dan sebagainya.

C.    Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Adapun tujuan pembuatan laporan ini adalah sebagai berikut :
1.    Memberi penjelasan tentang candi-candi Prambanan.








BAB II
HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Pengamatan
1.   Letak Situasi dan Kondisi Tempat Penelitian
Candi Prambanan terletak di perbatasan provinsi di Yogyakarta Jawa Tengah di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Situasi Candi Prambanan sangat raman dan sangat banyak pengunjung yang berasala dari dalam maupun luar negeri. Sedangkan kondisi Candi Prambanan sangat memprihatinkan di karenakan terjadinya gempa bumi pada tahun 2005 dan beberapa kali meletusnya gunung merapi.

2.   Asal Usul Candi Prambanan
Gugusan candi ini dinamakan “PRAMBANAN” karena terletak di daerah Prambanan yang bernama “RORO JONGGRANG” berkaitan dengan legenda yang menceritakan tentang seorang dara yang jonggrang atau gadis jakung puteri Prabu Boko.

3.   Sejarah Singkat Candi Prambanan
Candi Prambanan adalah kelompok percandian Hindu yang dibangun oleh para-para raja dinasti sanjaya pada abad  ke XI ditemukannya nama tulisan di kota pada candi ini menimbulkan pendapat bahwa candi ini dibangun oleh ikatan yang kemudian diselesaikan oleh Rakai Balitung. Berdasar prasasti biangka pada tahun 865 m menggukuhkan kedudukan sebagai raja yang besar. Candi Prambanan runtuh tinggal puing-puing pada tanggal 20 Desember 1953. Pemugaran candi induk Roro Jonggrang dinyatakanselesai oleh Ir.Soekarno presiden RI pertama.

Sedangkan Candi Brahma di pugar mulai tahun 1977 dan selesai pada tanggal 23 Maret 1987. Pemugaran Candi Wisnu mulai pada tahun 1982 selesai diresmikan oleh bapak presiden Soeharto pada tanggal 27 April 1991, kompleks percandian terdiri atas latar bawah dan latar tengah, dan diruntuhkan candi-candi berwarna dan latar atas semakin tinggi dikarenakan anak candi 224 buah candi yang berukuran sama yaitu ruas dasar 6 m dan tinggi 14 m.

4.   Pembahasan hasil Pengamatan
Berdasarkan analisis data di atas, maka hasil penelitian dapat menjadikan pembahasan hasil penulisan sebagai berikut :
Candi Prambanan disebut juga candi Roro Jonggrang  masih berkaitan dengan sejarah seorang putri yang bernama Jonggrang atau seorang gadis yang jakung putri Prabu Boko. Candi ini persis terletak di perbatasan Provinsi Yogyakarta dengan Provinsi Jawa Tengah.
Candi Prambanan juga merupakan salah satu sarana pariwisata banyak sekali orang yang berkunjung disana. Prambanan juga dikenal dengan pusat pembelanjaannya dengan turis-turis yang berkunjung di tempat ini.

Gugusan Candi Prambanan ini dinamakan pula Prambanan karena terletak di Prambanan, Candi prambanan termasuk kelompok percandian. Candi Prambanan mulai di renovasi pada tahun 1917 dan sampai sekarang belum selesai, bangunan utama baru diselesaikan pada tahun 1953. Banyak bagian candi yang di renovasi menggunakan batu-batu asli, banyak yang dicuri tau dipakai ulang di tempat lain.

Candi Prambanan adalah sebuah situs warisan UNESCO mulai tahun 1991. Candi Prambanan mempunyai tinggi bangunan 47 m. kompleks candi ini terdiri dari 8 kulit atau candi utama dan lebih dari 250 candi kecil.






BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
Setelah penyusunan menguraikan dari seluruh hasil laporan dalam penulisan ini maka penyusun menyampaikan atas dasar hasil laporan yang telah diperoleh sehingga dalam hal ini penyusun mengambil kesimpulan :
1.    Candi Prambanan dibangun oleh raja-raja dinasti sanjaya pada abad ke IX oleh raja yang bernama Pikatan yang kemudian diteruskan oleh raja Balitung.

B.    Saran-saran
Demi terciptanya anak bangsa dalam kegiatan belajar dan demi terciptanya kebudayaan bangsa yang tak ternilai harganya, maka saran penulis sebagai berikut :
1.     Perlu ditingkatkan kembali pemugaran Candi Prambanan yang telah runtuh dan rusak.





DAFTAR PUSTAKA

-        Soedirman, Drs 1998. Candi Prambanan, Yogyakarta
-        Tim penyusun, 2016. Pedoman Penulis Karya Tulis Ilmiah pPringsewu MAN 1 Pringsewu.
-        Wiharyanto. Kardiyat. 19891. Perkembangan Sejarah, Yogyakarta : Sanata Dharma.
-        Yusuf, Munzirin. 2005. Sejarah Peradaban Islam di Indonesia. Yogyakarta : Pustaka Book Publishing.














LAMPIRAN


No comments:

Post a Comment