LAPORAN HASIL
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
DI APOTEK KJ
FARMA
OLEH:
ROY PRIANDANA
NISN. 9996084329
XI FARMASI 2
YAYASAN ABDI KARYA (YADIKA)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN YADIKA PAGELARAN
KABUPATEN PRINGSEWU
2016/2017
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
SMK YADIKA
PAGELARAN
Nama :
ROY PRIANDANA
NISN : 9996084329
Bidang
Keahlian : FARMASI
Pagelaran, Maret 2017
DISETUJUI DAN DITERIMA
Ketua Pelaksana PSG Ketua
Jurusan Farmasi
Panca
Misgiyantoro, S.Pd. Ningsih Putri, S.Farm.,Apt.
Mengetahui
Kepala
SMK YADIKA Pagelaran
Komang Suwardana, S.Pd.
NIK. 01.215.07.11.00813
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA
(PSG)
SMK YADIKA PAGELARAN
Penyusun
ROY PRIANDANA
NISN.9996084329
Menyetujui ,
Pembimbing DU/DI
Pembimbing
sekolah
Natalis
Candra Setyawan, S.S. Ali Muhayatsyah, S.Pd.
Mengetahui,
Pimpinan
DU/DI
Natalis Candra Setyawan, S.S
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga dapat
melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di Apotek KJ Farma dengan baik dan
lancar.
Adapun
PSG ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar tidak terlepas dari bantuan
berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. Bapak
Komang Suwardana, S.Pd. selaku Kepala SMK Yadika Pagelaran
2. Bapak
Panca Misgiyantoro, S.Pd. selaku ketua Pelaksana PSG
3. Ibu
Ningsih Putri, S.Farm.,Apt. selaku kepala Jurusan Farmasi SMK Yadika Pagelaran
4. Bapak
Ali Muhayatsyah, S.Pd. selaku Pembimbing PSG Sekolah
5. Ibu
Heti Susilo Asih, S.Farm.,Apt. selaku apoteker apotek KJ Farma
6. Bapak
Natalis Candra Setiawan, S.S. pembimbing PSG di Apotek KJ Farma
7. Semua
pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah membantu
terlaksanakannya PSG di apotek KJ Farma
Penulis menyadari bahwa dalam
penulisan laporan ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, Penulis
mengharapkan saran dan kritik demi kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini
bisa bermanfaat bagi pembaca dan semua pihak yang membutuhkan peningkatan
wawasan keterampilan dalam praktik berikutnya.
Pagelaran, 26 Maret 2017
Penyusun
Roy
Priandana
DAFTAR
ISI
HALAMAN
LEMBAR
PERSETUJUAN.........................................................................
i
LEMBAR
PENGESAHAN..........................................................................
ii
KATA
PENGANTAR...................................................................................
iii
DAFTAR
ISI..................................................................................................
iv
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang.........................................................................................
1
1.2 Tujuan.......................................................................................................
1
1.2.1
Tujuan Pelaksanaan Pendidikan Sistem
Ganda.......................... 1
1.2.2
Tujuan Pembuatan Laporan.........................................................
2
BAB
II LAPORAN KEGIATAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA
2.1 Waktu Dan Tempat
Pelaksanaan ............................................................. 3
2.2 Sejarah Singkat
Tempat Pendidikan Sistem Ganda.................................
3
2.3 Struktur
Organisasi/Instansi Perusahaan Tempat Praktik.........................
3
2.4 Uraian Teknis Kerja..................................................................................
4
2.5 Impelementasi
Keselamatan Kerja...........................................................
6
2.6 Hasil Yang Dicapai..................................................................................
6
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan...............................................................................................
7
3.2 Saran.........................................................................................................
7
3.2.1
Pihak Sekolah.................................................................................
7
3.2.1
Pihak Instansi.................................................................................
7
DAFATR
PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) merupakan kurikulum pendidikan sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) yang mendukung kegiatan belajar mengajar siswa melalui kegiatan praktik
kerja secara langsung di dunia industri. Dunia Usaha/Industri harus sesuai
dengan program studi yang di tempuh siswa agar mencapai keahlian tertentu
sebagai bekal untuk bekerja secara professional. Untuk mewujudkan tujuan
tersebut, maka ditetapkan suatu sistem pendidikan yang dikenal dengan istilah
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) atau disebut juga dengan PSG.
Sistem ini
merupakan suatu bentuk penyelenggaraan keahlian professional yang memaduhkan
secara sistematis program pendidikan sekolah dengan program penguasaan keahlian
melaui kegiatan bekerja secara langsung dan terarah. Keahlian professional
dapat dikuasai melalui cara parktik secara langsung pada bidang profesi yang
ada dalam dunia kesehatan khususnya bidang farmasi. Sehubungan dengan itu, maka
siswa kelas XI SMK Yadika Pagelaran Tahun Pelajaran 2016/2017 diwajibkan
mengikuti kegiatan PSG.
1.2 Tujuan
1.2.1
Tujuan
Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda
Pendidikan
Sistem Ganda pada dasarnya merupakan kegiatan intrakulikuler yang harus dilaksanakan
oleh setiap siswa SMK secara individu. Oleh karena itu, kegiatan PSG sangat
penting sebagai media seluruh keahlian kejuruan yang telah dipelajari di
sekolah dalam bentuk latihan kerja nyata.
Adapun tujuan PSG adalah sebagai
berikut:
1. Untuk
mengetahui secara langsung kegiatan dalam suatu DU/DI;
2. Siswa
dapat langsung dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh dalam DU/DI secara
nyata;
3. Melatih
siswa untuk berkomunikasi dan beradaptasi dalam lingkungan kerja;
4. Uuntuk
mengetahui program pelayanan DU/DI, khususnya di apotek KJ Farma sebagai tempat
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah;
5. Meningkatkan
keterampilan berupa penguasaan kemampun professional kejuruan.
1.2.2
Tujuan
Pembuatan Laporan
Adapun tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan PSG
di apotek KJ Farma adalah:
1.
Melaporkan kegiatan yang telah dilakukan selama PSG berlangsung di
apotek KJ Farma;
2.
Sebagai syarat Ujian Nasional (UN) dan
kenaikan kelas;
3.
Mendorong siswa untuk mengembangkan
kemampuannya penulisan laporan yang sesuai dengan kaidah karya ilmiah;
4.
Memberikan bukti tertulis pada pihak
sekolah dan instansi tentang kegiatan yang telah dilakukan selama PSG.
BAB II
LAPORAN KEGIATAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA
2.1
Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
waktu pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dimulai pada tanggal 5
januari 2017 dan berakhir pada tangal 7 maret 2017. Tempat pelaksanaan PSG di
apotek KJ Farma. Pelaksanaan PSG dibagi menjadi dua shift, untuk shift pertama
dilakukan pada pukul 07.30 – 16.00, sedangkan yang shift kedua dilakukan pada
pukul 13.00 – 21.00.
2.2
Sejarah Singkat Tempat Pendidikan Sistem Ganda
Apotek KJ farma didirikan oleh
Bapak Natalis Candra Setyawan, S.S. pada tanggal 24 oktober 2011. Apotek ini
dibuka setelah keluarnya surat keputusan dari Dinas Kesehatan Kab.Pringsewu.
Nomor: 433/1128/D.02/2011. Apotek ini memiliki
seorang yaitu ibu Heti Susilo Asih, S.Farm.,Apt. Apotek KJ Farma
berlokasi di jalan Ahmad Yani Sidoharjo Pingsewu no 128 dan sangat mudah di
jangkau karena berada di bahu jalur Lintas Barat Sumatera. Apotek ini dekat
dengan Rumah Sakit Mitra Husada Pringsewu.
Pemilik
Instansi
|
Natalis
Candra Setyawan,S.S.
|
Apoteker
|
Heti
Susilo Asih,S.Farm,.Apt.
|
Karyawan
|
Nella
Krisna
|
Karyawan
|
Happy
Sabela
|
Karyawan
|
Tria
Aprilia
|
2.4
Uraian Teknis Kerja
Pada tanggal 9 januari 2017
kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Diawali dengan upacara pemberangkatan
siswa menuju lokasi Dunia Industri/Usaha dilaksanakan PSG. Hari pertama siswa
didampingi oleh pembimbing sekolah untuk penyerahan siswa kepada pihak Apotek
KJ Farma. Pada awal pertemuan ini pihak apotek membagi siswa menjadi dua sift,
yang petama sift pagi,dan yang ke dua sift sore.
Adapun kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada
Apotek KJ Farma adalah:
1. Menjual
obat kepada pasien
Adapun teknis dalam menjual obat
kepada pasien adalah:
a. Bertanya
kepada pasien obat apa yang dicari
b. Menanyakan
keluhan pasien atau sakit apa yang dialami
c. Mengambil
obat di rak obat atau di gudang obat
d. Bertanya
kepada apoteker benar atau tidaknya obat yang baru di ambil dan akan diserahkan
kepada pasien
e. Menyerahkan
obat kepada pasien
f. Menjelaskan
tentang aturan pakai obat, indikasi, dan efek samping dari golongan obat
tertentu
2. Pemesanan
obat ke PBF
Adapun teknis dalam pemesanan obat
ke PBF adalah:
a. Mengecek
stok obat dari rak obat atau di gudang
b. Stok
obat yang habis tulis di buku defecta dan diserahkan kepada pimpinan apotek
c. Pimpinan
apotek mengecek obat yang habis dibuku defecta
d. Pimpinan
pemesanan obat ke PBF atau Salesman yang datang ke apotek saat mengantarkan
barang
3. Meracik
Obat
Adapun teknis dalam meracik obat
adalah:
a. Menerima
obat dari pasien
b. Mempersilahkan
pasien untuk duduk atau menunggu
c. Bertanya
kepada Apoteker benar atau tidaknya obat yang diberikan dan obat yang diambil
d. Menghitung
harga resep yang di beritahukan dan memberitahukan kepada pasien harga resep
tersebut, bertanya kepada pasien yang diterima akan diambil atau tidak
e. Jika
resep akan di ambil oleh pasien lalu racik obat dan bungkus
f. Beri
etiket pada resep
g. Serahkan
pasien
h. Beri
informasi tentang obat yang diserahkan dan cara pemakaian obat
4. Menerima
barang atau obat masuk dari PBF
Adapun teknis dalam menerima barang
atau obat dari PBF adalah:
a. Mengecek
barang atau obat yang masuk
b. Memberi
tanda pada faktur jika barang atau obat yang di cek sudah benar
c. Menulis
Surat Pemesanan (SP) obat sesuai dengan isi faktur
d. Meminta
tanda tangan Apoteker untuk faktur dan SP
e. Memberikan
SP asli ke Salesman dan Faktur yang aslinya di apotek
f. Memberikan
faktur kepadan pimpinan apotek untuk memberi harga pada barang atau obat yang
ada dalam faktur tersebut
g. Beri
label dan harga pada barang atau obat yang sudah di hargai oleh pimpinan
h. Menyusun
barang atau obat sesuai tempat yang sudah disediakan
5. Menulis
Faktur
Adapun teknis dalam menulis faktur
adalah:
a. Menerima
faktur yang sudah di cek dari pimpinan
b. Menulis
faktur kedalam buku pembelian sesuai dengan pesanan yang masuk
c. Masukan
faktur kedalam map yang berbeda sesuai nama pabriknya
2.5
Implementasi Kselamatan Kerja
Keselamtan kerja merupakan upaya
perlindungan karyawan dari kecelakaan yang terjadi karena bekerja. Beberepa hal
yang dilakukan untuk menghindari kecelakaan kerja di apotek KJ Farma adalah:
1. Membersihkan
tangan sebelum dan sesudah meracik obat
2. Hindari
menghirup secara langsung bahan obat yang berbau menyengat
3. Selalu
menjaga kebersihan bahan dan alat yang telah digunakan
4. Bekerja
dengan teliti dan berhati-hati
5. Gunakan
alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, dll
6. Disediakannya
APAR (Alat Pemadam Kebakaran)
2.6
Hasil Yang Dicapai
Selama kurang lebih dari dua bulan
melakukan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Penulis mendapatkan banyak pelajaran diantaranya yaitu:
1. Dapat
mengerjakan pekerjaan kefarmasian
2. Dapat
mengetahui cara pemesanan obat pada PBF di apotek
3. Dapat
memberikan informasi obat pada pembeli di apotek
4. Dapat
mengetahui jenis obat paten dan generic
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Setelah penulis melaksanakan
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di Apotek KJ Farma,maka dapat di ambil kesimpulan
pada berikut:
1. Dapat
memperluas dan menambah wawasan bagi siswa dalam praktik di dunia kerja;
2. Dilaksanakan
untuk meningkatkan keterampilan dalam dunia kerja;
3. Mendapatkan
pengalaman dalam melakukan kegiatan praktik di DU/DI;
4. Mengetahui
pengolaan dan pelayan obat di apotek
5. Mengetahui
fungsi pelayanan konsultasi, informasi dan edukasi kepada pasien;
3.2
Saran
Setelah menyelesaikan laporan PSG
maka penulis memiliki beberapa saran kepada pihak sekolah dan instasi selaku
pihak yang terkait langsung dengan pelaksanaan kegiatan PSG, antara lain
sebagai berikut:
A. Pihak
Sekolah
1. Sekolah
hendaknya memperbanyak frekuensi bimbingan dan pengawasan kegiatan PSG;
2. Sekolah
hendaknya merencanakan progam tidak lanjut dari kegiatan PSG. Sebagai media
promosi kemampuan dan kompetensi siswa dalam upaya penyaluran lulusan sekolah.
B. Pihak
Instalasi
1. Diharapkan
membuat jadwal PSG secara tepat;
2. Diharapkan
tidak berlebihan dalam menerima jumlah siswa/siswi prakti;
3. Diharapkan
lebih memberikan arahan tentang pekerjaan kefarmasian
DAFTAR PUSTAKA
Tim
penyusun.2017.Jurnal Kegiatan Pendidikan
Sistem Ganda.SMK Yadika Pagelaran Press:Pagelaran
Anonim.2013.Laporan Praktek Kerja Industri
(Http://sutiyani94.blogspot.ac/2013/06/laporanpraktek-kerja-industri.html) di akses tanggal 26 Maret 2017: pukul 21.00
WIB.
Anonim.2015.Pelatihan Kerja Lapangan
(Http://ide.m.wikipedia.org/wiki/pelatihan_kerja_lapangan) di akes tanggal 26 Maret 2017: pukul: 21.00
WIB.
Anonim.2015
Contoh Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik
Dan Benar
No comments:
Post a Comment