SEJARAH MUSEUM LAMPUNG
(KARYA TULIS)
OLEH :
----------------------
NIS 10379
MADRASAH
ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PRINGSEWU
KABUPATEN
PRINGSEWU
TAHUN
PELAJARAN 2015 - 2016
SEJARAH MUSEUM LAMPUNG
KARYA TULIS
OLEH :
----------------------
NIS 10379
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Dapat
Mengikuti UN dan UM Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Negeri 1 Pringsewu Tahun
Ajaran 2015 - 2016
MADRASAH
ALIYAH NEGERI 1 PRINGSEWU
KABUPATEN
PRINGSEWU
TAHUN
PELAJARAN 2015 - 2016
PERSETUJUAN
Judul Laporan : SEJARAH MUSEUM LAMPUNG
Nama
Siswa :----------------------
NIS : 10379
Program
Studi : Ilmu Pengetahuan Sosial
( IPS )
Mengetahui,
1.
Komisi
Pembimbing
Pembimbing I Pembimbing
II
YUNINGSIH
S.Pd RINA QURNIATI S.Pd
NIP.
198006052005012011 NIP. 197907032007102003
PENGESAHAN
1.
Tim Penguji
Ketua :
Yunizar S.Pd, M.M ( )
NIP. 197606232003121001
Sekretaris : Drs. Hi Bunyana ( )
NIP.
196810122000031002
Anggota :1. (
)
NIP.
2. (
)
NIP.
2.
Kepala MAN 1 Pringsewu
SAMSURIZAL,
S.Pd, M.Si
NIP
196811071997031003
Disahkan
Pada Tanggal :
PERSEMBAHAN
Laporan ini penulis
persembahkan kepada
·
Ayahanda tercinta Ahmad Rifa’i dan
Ibunda Sumiatun yang telah membesarkan, mendidik, serta membiayai hingga
terwujudnya laporan ini, serta kakak tiri ku Tri Haryono dan Sati Dwi Astuti
yang telah mensuport penulis hingga terwujudnya karya tulis ini.
MOTTO
Orang
kuat bukanlah orang yang dapat mengalahkan musuh, namun orang yang kuat adalah
orang yang dapat mengontrol dirinya ketika marah. (HR. Bukhori dan Muslim)
RIWAYAT HIDUP
Penulis
lahir di Mojorejo, tanggal 27 November 1998, Anak ke-3 dari pasangan Bapak
Achmad Rifa’i dan Ibu Sumiatun.
PENDIDIKAN
NO
|
NAMA
|
LULUS TAHUN
|
|
SEKOLAH
|
TEMPAT
|
||
1
|
SD
N 1
|
Mojokerto
|
2010
|
2
|
SMP
N 2
|
Sangun
Ratu
|
2013
|
3
|
MAN
1
|
Pringsewu
|
Masih
Ditempuh
|
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb
Segala puji syukur
penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan Rahmat
serta Hidayahnya-Nya kepada Penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya
tulis yang berjudul “SEJARAH MUSEUM LAMPUNG” dengan baik.
Karya tulis ini disusun
sebagai salah satu syarat mengikuti UN dan UAMBN pada Madrasah Aliyah Negeri 1
Pringsewu Tahun Ajaran 2015-2016. Selama menyusun karya tulis ini, dari awal
sampai akhir penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak terutama dari
Bapak dan Ibu Pembimbing Penulis. Untuk itu dengan penuh kerendahan dan
ketulusan hari, penulis mengucapkan terimakasaih kepada :
1. Bapak
Samsurizal, S.Pd, M.Si selaku kepala MAN 1 Pringsewu;
2. Ibu
Yuningsih S.Pd selaku pembimbing I
3. Ibu
Rina Qurniati S.Pd selaku pembimbing II
4. Dewan
guru MAN 1 Pringsewu
5.
Semua pihak yang membantu dalam
penyusunan kerya tulis ini.
Semoga Allah SWT
berkenan membalas kebaikan yang telah diberikan kepada penulis, penulis
menyadari bahwa karya tulis ini belum begitu sempurna, oleh karena itu kritik
dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi penyempurnaan
karya tulis ini, semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Amin
Yarobal Alamin.
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb
Pringsewu,
Penulis,
Rizza Norma Rita Sari
NIS 10379
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................
i
HALAMAN PERSETUJUAN.............................................................................
ii
HALAMAN PENGESAHAN..............................................................................
iii
HALAMAN PERSEMBAHAN...........................................................................
iv
HALAMAN MOTTO..........................................................................................
v
HALAMAN RIWAYAT HIDUP........................................................................
vi
HALAMAN KATA PENGANTAR...................................................................
vii
DAFTAR ISI.......................................................................................................
viii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah............................................................................
B. Rumusan
Masalah.....................................................................................
C. Metode
Penelitian.....................................................................................
D.
Tujuan dan Kegunaan Penelitian................................................................
BAB
II HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Sejarah Museum Lampung........................................................................
B.
Keunggulan Museum Lampung..................................................................
C.
Jenis Koleksi Museum Lampung...............................................................
D.
Manfaat Museum Lampung.......................................................................
E.
Lokasi Museum Lampung.........................................................................
F.
Kegiatan Museum Lampung......................................................................
BAB
III SIMPULAN DAN SARAN
A.
Simpulan...................................................................................................
B.
Saran........................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Rakyat
Indonesia tersebar dari sabang sampai merauke. Memiliki kebhinekaan suku bangsa
serta adat istiadat. Hal ini menjadikan bangsa Indonesia Negara yang kaya akan
ragam budaya, termasuk hasil budaya materialnya. Kekayaan budaya itu harus
tetap dilestarikan, salah satu lembaga yang ditugasi untuk melestarikan hasil
budaya material adalam museum. Berdasarkan peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun
1995 , museum adalah lembaga tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan
pemanfaatan benda-benda bukti material hasil budaya manusia serta alam dan
lingkungan guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan buadaya
bangsa.
Museum
lampung digunakan para pelajar untuk melakukan penelitian atau pengamatan guna
mendapatkan informasi tentang benda-benda bersejarah. Suatu pengamatan berupa
kunjungan yang dapat dilakukan dimuseum Lampung.Dengan menyaksikan benda
koleksi Museum Lampung atau mengembangkan imajinasi para pelajar tehadap
berbagai peristiwa yang melekat pada benda koleksi para pelajar akan lebih
mudah mengembangkan pemahaman generasi muda terhadap sejarah perjuangan bangsa.
Berbagai benda yang bernilai sejarah dan budaya dapat menjadikan inspirasi bagi
generasi muda untuk memandang masa depan dan menentukan daya kreatif terhadap
permuseuman di Indonesia. Museum di Indonesia ada sejak sebelum masa
kemerdekaan sedangkan Museum Lampung sudah dirintis sejak tahun 1975. Museujm
Lampung berlokasi di jalan H.Zainal Abidin Pagar Alam No. 64 Gedung Meneng
Bandar Lampung.
B. Rumusan
Masalah
Dari latar belakang
yang penulis uraikan, dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut :
Bagaimanakah
sejarah berdirinya Museum Lampung?
C. Metode
Penelitian
1.
Metode Observasi
Yaitu
teknik pengumpulan data, dimana penulis melakukan pengamatan secara langsung ke
objek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan (Ridwan, 2004
. 104)
2.
Metode Kepustakaan
Yaitu
pengumpulan data dari berbagai sumber tertulis seperti buku dan lain-lain.
D. Tujuan
dan Kegunaan Penelitian
1.
Tujuan Penelitian
1. Mendeskripsikan
sejarah Museum Lampung
2. Mendeskripsikan
peran aktif Museum Lampung dalam meningkatkan minat siswa tentang sejarah.
3. Mendeskripsikan
peran aktif Museum Lampung dalam menyebarluaskan ilmu sejarah bagi siswa.
2.
Kegunaan Penelitian
1. Sebagai
bahan Informasi tentang sejaraha berdirinya Museum Lampung.
2. Dapat
menjaga dan lebih mengenal hasil warisan budaya Indonesia
3. Menambah
pengalaman untuk masa yang akan datang
BAB II
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Sejarah
Museum Lampung
Museum
Negeri Provinsi Lampung “Ruwa Jurai” mulai dirintis pada tahun anggaran
1975/1976 sejak saat itu pembangunan fisik terus dolaksanakan di areal tanah
seluas 17.010 m2 yang berlokasi di jalan Ho Zainal Pagar Alam No.64
Gedung Meneng Bandar Lampung. Bersamaan dengan peringatan Hari Aksara
Internasional yang dipusatkan di Bandar Lampung pada tanggal 24 September 1988
Museum Negeri Propinsi Lampung Nomor 03 tahun 2001 status Museum Lampung
beralih menjadi Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) yang berada dibawah Dinas
Pendidikan.
Museum
Lampung menyajikan koleksi zaman prasejarah dan masa sejarah sebagai bukti dari
masa lalu kuno. Kehidupan manusia dimulai dengan zaman prasejarah dengan gaya
hidup sederhana, berburu dan mengumpulkan kemudian, manusia mulai hidup dengan
tinggal disatu tempat, menanam tanaman sampai tingkat mengetahui bagaimana
menggunakan logam. Seluruh koleksi Museum Lampung berjujmlah sekitar 4.588
buah, yang di klasifikasikan menjadi 10 kelompok. Yaitu : geologi, biologis,
etnografi, arkeologi, koleksi artefak arkeologi dari zaman prasejarah termasuk
alat batu yang ditemukan dilokasi di Padang Cermin Lampung Selatan, Nekara
perunggu dan kapal dari Labuhan Meringgai. Manik-manik dari Sumber Jaya dan
berbagai Jenis Fosil.Museum Lampung juga sudah mendapat koleksi warisan budaya
Hindu-Budha pengaruh, seperti Patung Bantuan, Apsari, Patung Budha, Alat-alat
Upacara Agama dan Prasasti.
B. Keunggulan
Museum
Ketika
mengunjungi Museum Lampung pengunjung akan takjub karena disuguhi dengan
berbagai macam koleksi yang memiliki nilai sejarah tersendiri. Koleksi-koleksi
ini dapat memberi ilmu pengetahuan yang membantu para wisatawan yang
berdatangan. Keistimewaan lain yang terdapat dimuseum ini iyalah terdapat
benda-benda peninggalan yang hanya terdapat di Lampung saja seperti peninggalan
kebudayaan, prasasti-prasasti, berbagai fosil manusia purba dan masih banyak
lagi yang terdapat di museum ini sehingga para pengunjung dapat merasakan
keistimewaannya.
C. Jenis
Koleksi Museum Lampung
Benda-benda
koleksi yang terdapat di Museum Lampung kurang lebih sekitar 4.588 buah, yang
berupa Feolofi, Biologis, Etnogradi, Arkeologi, Koleksi Bersejarah, Numismatic
/ Heraidik, Philological, Ceramological, Seni Dan Teknologi.
D. Manfaat
Museum Lampung
Museum
Lampung merupakan sarana sumber pembelajaran dan Pengetahuan Sejarah. Selain
itu, koleksi Museum Lampung juga digunakan sebagai sarana study dosen,
mahasiswa, palajar dan umum. Museum juga menjadi representasi perjalanan suatu
bangsa dan suatu negara sehingga masyarakat akan mengetahui sejarah negara dan
bangsanya melalui benda-benda koleksi yang terkenal di museum.
Tak
hanya sebagai representasi sejarah, sarana rekreasi dan media pendidikan saja.
Manfaat museum dirasa betul oleh masyarakat, pelajar, terlebih oleh mereka yang
mencintai peradaban alam dan memiliki minat untuk memanggilnya sebagai sumber
pengetahuan.
E.
Lokasi Museum Lampung
Jalan.
Zainal Arifin Pagar Alam No. 64 Kelurahan Gedung Meneng Kecamatan Rajabasa
Kabupaten Bandar Lampung. Dimana museum ini sangat mudah ditemukan karena
letaknya strstegis, sehingga pengunjung akan lebih tertarik untuk
mengunjunginya.
BAB
III
SIMPULAN
DAN SARAN
DAFTAR PUSTAKA
2008,
Brosur Candi Prambanan, PT Taman Wisata Candi Prambanan
Parwatara,
Mar, Ny. 1983. Candi Borobudur dan Taman Wisata Yogyakarta: Alumni Bandung
Rajasa,
Aiqz.2007.Candi Borobudur-Mendut-Pawon, Kopu Yogyakarta. Anonim Panduan Buku
Monumen Yogya Kembali
Soemono,R.1975.Pengantar
Sejarah Kebudayaan Indonesia.Kanisius.Yogyakarta.
Soekarno,1972.Borobudur.Prambanan
dan Ratu Boko.PT Taman Wisata Candi Prambanan
mohon maaf tp kesimpulan dan saranya tentang candi borobudur
ReplyDeleteYes
ReplyDelete